13 March, 2010

Trip Laskar Pelangi #3

SD MUHAMMADIYAH GANTONG nya laen ama yg di film. Yah mgkn karena bukan di tempat asal shooting filmnya. Sudah tidak berkesan jadul.

Abis dari situ, cabs lagi menuju Bendungan Pice. Bendungannya gedeee banget. Yah bayangpun lebar sungai yang dibendung itu selebar sungai bengawan solo. Ada berapa banyak pintu airnya tadi? Duh gk ngitungin. Katanya bendungan ini dibuat saat jaman penjajahan Belanda. Entah tahun berapa. Nanti deh saya carikan infonya.

Dari bendungan kami bergerak menuju Tanjung Pendam. For the sunset. Tapi sayangnya berawan. Gk bagus. Masih keren sunset di atas parkiran mall metropolitan bekasi. Ahiya.. Tanjung Pendam tadi airnya surut hampir 500 meter ke tengah laut. Banyak kerang2. Tapi gk ada yang lucu.

Hampir semua objek wisata yang hari ini saya kunjungi bermasalah dengan toilet, air, dan mushola. Huft..parah. Toilet kalau ada airnya itu pun kotor. Iuuhh..mana tega makenya. Tempat sholatnya gak ada. Ampun dijeee! Di Pantai Tanjung Pendam ada mushola sih. Tapi...air untuk wudhu susah didapat. Hah...dudul. Dari 4 kran cuma 1 kran yg bisa dipake alias keluar air. Padahal sumurnya dangkal kok. Cuma berkedalaman 1,5 meter. Nah brarti sebenarnya air gak masalah kan? Yang bermasalah adalah sistem distribusi airnya. Harus dibenahi.

Menurut saya, pulau Belitung ini baru mulai merintis dunia pariwisatanya. Semoga pemerintah daerah bisa lebih perhatian dan mengelola dengan baik. Potensinya sangat..sangat bagus. Pantainya keren. Penginapan lebih didekatkan ke obyek wisatanya. Fasilitas umum di obyek wisatanya itu juga perlu dibenahi.

Yap..tetap semangat untuk pemkab belitung.

No comments: