01 March, 2010

Asinan Manisan

Tau dan pernah makan asinan atau manisan dong? Tau cara bikinnya? Bahan dasar yang akan dibikin asinan atau manisan direndam dengan larutan bumbu-bumbu beberapa waktu. Entah apa itu. Heheh… belum pernah bikin sih. ^^v

Begitu juga seseorang. Bisa menjadi ‘asin’. Bisa menjadi ‘manis’. Karena lingkungan sekitarnya. Kecuali manusia itu batu kali ya jadi gak terpengaruh. ^^

Seorang teman pernah berkata,

‘ awas…nanti terpengaruh loh.’

‘ ah… tenang aja. Gak akan terpengaruh kok.’ Timpal saya.

Dan ternyata… saya terpengaruh juga. Mending kalo terpengaruh menjadi baik. Nah kalo jadi buruk? Widiw…

Ketika saya SD dan SMP, teman-teman saya banyak yang pintar-pintar. Yah paling tidak begitulah anggapan saya mengenai mereka. Tingkat kompetisinya sangat tinggi. Saya jadi terpengaruh untuk berkompetisi juga. Rajin belajar. Supaya bisa paling tidak menyamai mereka. Menjadi terpacu dalam melodi…halah.

Seperti halnya bahasa percakapan yang digunakan sehari-hari. Dialek saya banyak berubah setiap kali pindah sekolah dan lingkungan bermain. Sewaktu SD dan SMP, lebih terwarnai dengan bahasa Jawa Cilegon. Ketika melanjutkan sekolah SMA di Jogja. Lebih njawani. Lebih halus. Gak begitu galak. Walo masih galak juga sih. ^^ Sangat-sangat berwarna Jawa. Hah… Saya ini mudah sekali terpengaruh. Berteman dengan teman-teman dari Sumatera, gaya bahasa saya jadi seperti mereka. Payah saya ini. ^^

Ini masih tentang dialek ucapan. Bagaimana jika bukan sekedar berbahasa, tapi sudah mempengaruhi tingkah laku. Lebih gawat lagi bukan? Mending kalo tingkah laku yang baik, nah…kalo jelek? Bisa berabe bukan? Ternyata lingkungan itu sangat mempengaruhi seseorang. Dan karakter seseorang juga terbentuk karena lingkungannya.

Maka itu pintar-pintarlah memilih lingkungan pertemanan. Jika memang berada dalam lingkungan yang ‘gelap’, pastikan tetap menyalakan ‘lilin’ dan jaga jangan sampai padam. Bahkan jika perlu, membesarlah sehingga menjadi terang. Ingat cahaya memanggil kegelapan, kegelapan memanggil cahaya.

No comments: