01 November, 2009

Menuju Museum Tekstil

Sekedar berbagi info bagaimana menuju ke Museum tekstil. Gue belum pernah ke sana juga sih. tapi dapet info dari milis Komunitas Historia Indonesia.

Sedikit info mengenai Museum Tekstil. Museum Tekstil menempati gedung tua di Jalan K.S. Tubun / Petamburan No. 4 Tanah Abang, Jakarta Pusat. Gedungnya sendiri pada mulanya adalah rumah pribadi seorang warga negara Perancis yang dibangun pada abad ke-19. Kemudian dibeli oleh konsul Turki bernama Abdul Azis Almussawi Al Katiri yang menetap di Indonesia. Selanjutnya tahun 1942 dijual kepada Dr. Karel Christian Cruq.

Di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, gedung ini menjadi markas Barisan Keamanan Rakyat (BKR) dan tahun 1947 didiami oleh Lie Sion Pin. Pada tahun 1952 dibeli oleh Departemen Sosial dan pada tanggal 25 Oktober 1975 diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta yang untuk kemudian pada tanggal 28 Juni 1976 diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto sebagai Museum Tekstil.

Menuju Museum Tekstil caranya adalah....
Titik mula berangkatnya dari Grogol ya. dari Grogol naik bis yang ke UKI, bisa pake bis regular 46 (bayar 2000) atau patas 6. trus turun di persimpangan slipi, yang ada Jakarta Design Center dari situ naik mikrolet yang ke Tanah Abang (kalau nggak salah no 11).udah, nanti turun pas depan museumnya.

begituuu....semoga bermanfaat. duh jadi teringat mb Rini yang kapan itu nanya bagaimana menuju ke Museum Tekstil. Mb Rini baca postingan ini gak ya?

No comments: