18 October, 2008

merah putih

teringat waktu saya masih muda (kyknya skr dah tua banget...iyalah 25 taon..seperempat abad sudah...), waktu masih pake seragam merah putih dan sekitarnya. (maksudnya?^^')

menyenangkan sekali waktu saya SD dulu. tempat mainnya banyak. dari gorong-gorong saluran air sampe bukit deket rumah.

gorong-gorong. apa yang terlintas di pikiran jika mendengar kata itu. kotor?emang. saya masih ingat waktu itu hari minggu pagi. teman saya dan kakaknya mengajak saya untuk nyari anak kodok di selokan besar dan gorong-gorong. apakah dapet anak kodok? tentunya duong. dan pulang ke rumah saat hari sudah siang. huhuhu...seru. kalo sekarang ngelakuin hal itu,hmm...mikir dulu deh. lagipula gak ada temennya.^^

bukit dekat rumah. dulu kami juga bikin rumah pohon. jangan membayangkan rumah pohon yang dibikin itu lengkap ada atapnya. yah seperti yang ada di tipi-tipi. ini cuma bambu yang disusun agak tinggi dan sebagai tiang penguatnya pohon. yang bikin sebenernya kakak teman saya,dan kami hanya bantu-bantu. sempet juga tuh gara-gara tuh rumah pohon,celana saya sobek,kecantol paku. padahal itu celana main kesukaan saya.hiks...

bukit dekat rumah (lagi).saya dan teman-teman saya suka main masak-masakan di bukit itu.ini beneran lho yang dimasak. waktu itu kami berencana masak bubur kacang ijo dan ketan item. peralatan masak bawa dari rumah masing-masing. ada yang bawa panci,baskom tempat air,sendok sayur buat ngaduk. untuk beli bahan-bahannya kami patungan.setelah dicuci,kemudian dimasak lah tuh kacang ijo dan ketan item.
...beberapa menit kemudian...
diaduk-aduk.lum mateng.kami ngobrol sana-sini.

...setengah jam kemudian...
lah kok lum mateng.apinya kurang gede kali.tambah lagi kayunya.

...setengah jam kemudian...
bandel banget siy ni kacang ijo n ketan item.kagak empuk-empuk. akhirnya setelah kami berunding mau diapakan,menimbang perut sudah lapar dan hari sudah siang,dan memutuskan untuk membuangnya.hiyaaa...sayang banget kan.

di rumah,saya menceritakan kegagalan kami bikin bubur kacang ijo dan ketan item.ternyata ada yang kurang dari cara kami mengolahnya,yaitu merendam semalam kacang hijau dan ketan itemnya.pantesaaann...kagak mateng-mateng.hehehe...

depan rumah di bawah pohon seri (jawa:talok).
dulu di depan rumah saya ada dua pohon seri besar. tiap siang pasti saya nangkring di atas puun. tiduran. oademm...tenan.kalo belum diteriakin suruh turun oleh mbak Tum, saya bisa nangkring ampe sore. ada kejadian saya jatuh,bukan dari pohon seri,tapi ada kaitannya. saya jatuh ke selokan di bawah,lumayan tinggi,1,5 meter. secara anak SD,tingginya seberapa siy. jadi,bonyok deh jidat saya. nyungsep kepala dulu. saksi hidup saya jatuh adalah adik saya,Yani. (ya gak ni?mb ta dulu jatuhnya gmn si?).karena saya (anak" lain juga) suka nangkring di pohon seri,akhirnya ditebang deh.takut ada yang jatuh ke selokan kayak saya.

main kelereng alias gundu,main dampu (lempar batu.bukan lempar"an batu lho..emg tawuran.) pohon seriku sayang...^_^

saya kasian ama anak" sekarang, khususnya anak" di sekitar tempat saya tinggal. mereka pasti dah gak kenal lagi ama mainan gitu. ato pergi main ke gorong" saluran air. yang saya lihat mereka bersliweran naik motor ngabisin bensin ato main PS. ada juga sih yang pada main futsal. aahhh..indah nian waktu saya kecil dulu.

...
Waktu ku kecil
Hidupku amatlah senang
...

No comments: