27 September, 2009

Kamera Lubang Jarum

ini semua karena obsesi yang gak kesampean. yaitu motret pake kamera DSLR. so saya banting stir dulu sementara saya mengais dan mengumpulkan sebakul uang untuk beli DSLR.

membuat foto dengan menggunakan kamera lubang jarum atau disebut juga kamera obscura. apakah kamera lubang jarum itu? kamera lubang jarum adalah leluhur dari kamera moderen sekarang ini. yups...cikal bakal dari kamera. kalo sekarang udah pake format digital. tapi kamera lubang jarum ini menggunakan kertas foto atau plat alumunium foil untuk menangkap gambar. dan gak perlu lensa. seperti yang dipake di kamera DSLR yang punya bermacam2 lensa entah apa aja itu. yah emang kamera lubang jarum dengan segala keterbatasannya bisa menghasilkan foto yang luar biasa. pelopor kembalinya kamera lubang jarum di Indonesia adalah Ray Bachtiar Dradjat. mau tau hasil foto kamera lubang jarum? bisa diliat di sini.

saya mulai hunting info tentang cara pembuatan kamera lubang jarum di google. ada sih infonya. tapi kurang lengkap. dan saya juga gak mudeng bagaimana cara buatnya. karena gak ada foto step2 pembuatannya. saya harus ikutan workshopnya, saya pikir. eh pucuk dicinta si ulam datang. ada workshop nya awal oktober ini. huhuhu...harus ikutan. ^^v

padahal alat dan bahan yang diperlukan untuk buat kamera lubang jarum itu sangat mudah didapat di sekitar kita. ada kaleng rokok atau kardus atau kotak korek api atau kaleng biskuit, alumunium foil, lakban, kertas foto (kalo yang ini harus beli. katanya sih di pasar baru), jarum, gunting. see... gampang kan dapetnya?

makin gak sabar untuk ikutan workshopnya. heheheh...padahal belum daftar. lagi nyari temen nih. biar cepet kuotanya terpenuhi dan cepet juga workshopnya jalan. ^^

ah iya..kalo ada yang mau tau tentang kamera lubang jarum bisa mampir ke website.

http://raybachtiar.com/komunitaslubangjarum/

http://monsterilmiah.blogspot.com/2009/08/kamera-lubang-jarum.html

atau digoogling aja dengan kata kunci "kamera lubang jarum"

No comments: