21 December, 2006

Agnes vs Anggun

Semalam saya nonton penganugrahan Anugrah Musik Indonesia 2006.Setiap pemenang kategori pastinya memberi speech alias pidato yang isinya, biasanya, terimakasih untuk.

Sadar gak klo ada perbedaan yang sangat mencolok antara Agnes Monica (yang katanya tahun depan mo go international) dan Anggun (yang udah sukses go international)? Yup. Masalah bahasa yang digunakan dalam memberi pidato singkat ucapan rasa terimakasih dkk.

Agnes Monica yang BARU MAU dan AKAN go international, memakai pilihan kata" penuh dengan bahasa Inggris. "thanks to my mom, my dad, my family...bla..bla..bla".Oke deh emang bahasa Inggris Agnes oke banget.Tapi kenapa ya sewaktu saya mendengar pidato singkat Agnes sedikit risih.Kesannya Agnes itu kemethak alias blagu kali.Keminggris.Hampir 90 persen pidato singkatnya menggunakan bahasa Inggris.Plis deh.Bayang pun,klo nanti Agnes udah sukses go internationalnya...bisa jadi sewaktu berkunjung ke Indonesia dia tidak menggunakan bahasa Indonesia sama sekali.Sebenarnya di antara artis" yang ada di Indonesia, saya suka Agnes.Dia berbakat.Yah...tiap manusia punya kelebihan dan kekurangan.

Bandingkan sewaktu Anggun mendapatkan piala khusus untuk kategori artis internasional. Anggun yang udah SUKSES go international, memberi pidato singkatnya 100 persen BAHASA INDONESIA.Seingat saya tidak satu kat pun Anggun berkata dalam bahasa Inggris.Padahal dia, jelas, penyanyi internasional dan sudah tinggal bertahun-tahun di luar Indonesia. Masih ingat dan fasih dengan bahasa ibunya, Bahasa Indonesia. Kesannya Anggun ini rendah hati sekali. Keren. SALUT buat Anggun.

Semoga bahasa Indonesia tetep eksis.

MERDEKA!!!!

No comments: