11 April, 2007

Penjajahan Era Baru

Perjalanan menuju Solo kemarin juga membawa pelajaran tersendiri buat saya.Di dalam bis yang membawa saya menuju Mirota Kampus Terban, saya sempat ngobrol dengan seorang Bapak yang mengantarkan anaknya ikut tes masuk UGM (sukses yeee...!!).

"Jogja ini dijajah Jepang.Banyak sekali di sini
sepeda motor buatan Jepang, sedangkan di Jepang sendiri mana ada motor."

Begitu dia bilang.

Dia bilang begitu karena melihat di Jogja sudah jarang sekali yang bersepeda, yang ada sekarang bersepeda motor.Padahal hanya untuk jarak dekat.

Saya pikir-pikir benar juga apa kata Bapak itu.Bukan hanya Jogja saja yang terjajah.Indonesia pun sebenarnya masih terjajah.Yang menjajah pun bukan cuma Jepang.Negara lain juga.

Kapan ya produk Indonesia bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri? Seperti kata Tukul "Jangan underestimate dulu." Produk Indonesia sudah dipandang sebelah mata dan remeh oleh masyarakat Indonesia sendiri. Termasuk saya. T_T Maaf.Padahal ya gak buruk-buruk amat produk Indonesia. Kira-kira kurang apa ya? Kurang promosi? Kurang dipercaya? Kurang bagus kemasannya? Atau kurang berkualitas? Wadaw...ini lain lagi.^^

"Gengsi dengan siapa? Gengsi dengan orang lain? Memangnya orang lain yang membiayai hidup kita?"
Begitu Bapak itu berkata retoris. Tertohok juga diri saya mendengar Bapak itu. Malu hati.
Selamatkan Indonesia.MERDEKA!!!
terimakasih, Pak untuk pencerahannya.

No comments: